Kamis, 20 April 2017

Langkah-langkah membuat Visualisasi Lampu Tidur




U N I VE R S I T A S  G U N A D A R M A




Tugas 1A Visualiasasi Lampu Tidur


Disusun oleh :


A.A GDE A.Aditya Pratama (50414002)
Ade Rizky Putri (50414196)
Alza Ichsan Kurniawan ( 50414925)
Emirza Mahendra (53414559)
Rina Hafizhah Utami (59414416)





GRAFIK KOMPUTER 2

DOSEN : Karmilasari


Langkah-langkah membuat Visualisasi Lampu Tidur


Pertama-tama klik dua kali logo Blender yang berada pada desktop terlebih dahulu. Dengan logo seperti dibawah ini.

Setelah membuka perogram blender hapus object kubus lalu ganti dengan cylinder dengan cara delete lalu shift a :

           
Lalu pilih garis lingkaran sisi atas , seperti dibawah ini:

Setelah itu tekan r dan putar dengan mouse hingga berbentuk seperti dibawah ini :


Lalu tekan E+S untuk menarik kedalam kemudian di extrude keatas hingga seperti ini:


Lalu pada gambar diatas tekan ctrl+R lalu potong setelah itu tekan e pada sumbu z dan tarik hingga seperti gambar diatas

Kemudian kita  pilih mode select titik hingga mendapat view seperti ini:

Lalu lakukan langah yang sama , pilih sisi atas lalu tarik , kemudian size kedalam , dan pilih kembali sisi atas tarik terhadap sumbu z lakukan hal diatas berulang , baik pada sisi atas maupun bawah hingga seperti dibawah ini :


Atur sedemikian rupakan pada sisi atas dan bawah dengan penggunaan E (Extrude) dan S(Scale) sehingga menjadi bentuk dibawah ini:



Setelah object dasar jadi kita gunakan material dibawah ini :

Dan berikan efek Bevel :



Kemudian pada efek bevel , kita atur dengan settingan seperti dibawah ini :


Dan bagian tanggkai/tongkat/tiang lampu sudah selesai:

Saat membuat penutup lampu , kita buat cylinder lalu buat pewarnaan dengan warna berbeda lalu hapus alas dan atap cylinder , hingga mendapat view seperti dibawah ini:


Lalu kita gunakan UV Maping untuk menyaukan object lalu kita atur dan satungan dengan tiang yang telah kita buat hingga memiliki view seperti dibawah ini:



Untuk membuat efek lebih nyata kita akan menggunakan cycle blender pada objek ini. Karena default pada blender merupakan blender render maka kita akan mengubahnya di bagian ini

Kita akan masuk kebagian memberi texture. Pada jendela bagian kanan bawah kita tetapkan jendela tersebut untuk modelling,sedangkan jendela bagian kiri bawah merupakan tampilan untuk hasil rendernya.
Lalu pada menu world kita akan memilih environment apa yang akan kita pakai. Pada surface kita memilih backrground dengan color sky texture yang berarti environment yang kita pakai menggunakan tema langit.


Lalu untuk tangkai pada lampu,kami membagi tangkai menjadi 2 bagian warna. Pertama kita select tangkai lalu masuk ke dalam edit mode dengan menekan tab. Lalu select tangkai bagian bawah dan atas dengan ctrl + b sebagai gambar berikut.



Kita masuk ke dalam menu material untuk memberikan material pada tangkai bawah tersebut. Klik new lalu buat matrial baru dengan nama emas. Gunakan tipe surface Glossy BSDF untuk memberikan efek glossy pada tangkai bawah,dengan color kita gunakan warna emas dan pilih assign.

Kita masuk ke pemberian material pada tangkai tengah yang disini tangkai tengah berperan sebagai lampunya.


Sama seperti langkah diatas kita masuk pada menu material dan membuat material baru bernama lampu. Pilih surface berjenis emission dan color agak kekuningan. Atur strength menjadi 20.000 semakin besar angka pada strength maka cahaya lampu akan semakin kuat. Lalu klik assign.


Selanjutnya memberikan material pada tutup lampunya. Sama seperti diatas kita harus masuk kedalam edit mode dengan menekan tab lalu select semua tutup lampu.


Pada pengaturan material kita akan membuat material baru dengan nama luar. Kita menggunakan surface berjenis mix shader untuk memberikan dua jenis texture sekaligus pada tutup lampu. Kita menggunakan Glass BSDF dan Glossy BSDF maka akan memberikan efek keramik kasar.

Pada tampilan jendela kiri bagian bawah kita masuk ke dalam mode render maka hasilnya akan seperti ini.

Maka penampilan akhirnya akan seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar