U N I VE R S I T A S G U N A D A R M A
Tugas 1A
Visualiasasi Lampu Tidur
Disusun oleh :
A.A GDE A.Aditya Pratama
(50414002)
Ade Rizky Putri (50414196)
Alza Ichsan Kurniawan (
50414925)
Emirza Mahendra (53414559)
Rina Hafizhah Utami (59414416)
GRAFIK
KOMPUTER 2
DOSEN :
Karmilasari
Langkah-langkah membuat Visualisasi
Lampu Tidur
Pertama-tama
klik dua kali logo Blender yang berada pada desktop terlebih dahulu. Dengan
logo seperti dibawah ini.
Setelah membuka perogram blender hapus object kubus lalu
ganti dengan cylinder dengan cara delete lalu shift a :
Lalu pilih garis lingkaran sisi
atas , seperti dibawah ini:
Setelah itu tekan r dan putar
dengan mouse hingga berbentuk seperti dibawah ini :
Lalu tekan E+S untuk menarik
kedalam kemudian di extrude keatas hingga seperti ini:
Lalu pada gambar diatas tekan
ctrl+R lalu potong setelah itu tekan e pada sumbu z dan tarik hingga seperti
gambar diatas
Kemudian kita pilih mode select titik hingga mendapat view
seperti ini:
Lalu lakukan langah yang sama
, pilih sisi atas lalu tarik , kemudian size kedalam , dan pilih kembali sisi
atas tarik terhadap sumbu z lakukan hal diatas berulang , baik pada sisi atas
maupun bawah hingga seperti dibawah ini :
Atur sedemikian rupakan pada
sisi atas dan bawah dengan penggunaan E (Extrude) dan S(Scale) sehingga menjadi
bentuk dibawah ini:
Setelah object dasar jadi
kita gunakan material dibawah ini :
Dan berikan efek Bevel :
Kemudian pada efek bevel ,
kita atur dengan settingan seperti dibawah ini :
Dan bagian
tanggkai/tongkat/tiang lampu sudah selesai:
Saat membuat penutup lampu ,
kita buat cylinder lalu buat pewarnaan dengan warna berbeda lalu hapus alas dan
atap cylinder , hingga mendapat view seperti dibawah ini:
Lalu kita gunakan UV Maping
untuk menyaukan object lalu kita atur dan satungan dengan tiang yang telah kita
buat hingga memiliki view seperti dibawah ini:
Untuk membuat efek lebih nyata kita akan menggunakan cycle
blender pada objek ini. Karena default pada blender merupakan blender render
maka kita akan mengubahnya di bagian ini
Kita akan masuk kebagian memberi
texture. Pada jendela bagian kanan bawah kita tetapkan jendela tersebut untuk
modelling,sedangkan jendela bagian kiri bawah merupakan tampilan untuk hasil
rendernya.
Lalu pada menu world kita akan
memilih environment apa yang akan kita pakai. Pada surface kita memilih
backrground dengan color sky texture yang berarti environment yang kita pakai
menggunakan tema langit.
Lalu untuk tangkai pada
lampu,kami membagi tangkai menjadi 2 bagian warna. Pertama kita select tangkai
lalu masuk ke dalam edit mode dengan menekan tab. Lalu select tangkai bagian
bawah dan atas dengan ctrl + b sebagai gambar berikut.
Kita masuk ke dalam menu material
untuk memberikan material pada tangkai bawah tersebut. Klik new lalu buat
matrial baru dengan nama emas. Gunakan tipe surface Glossy BSDF untuk
memberikan efek glossy pada tangkai bawah,dengan color kita gunakan warna emas dan
pilih assign.
Kita masuk ke pemberian material
pada tangkai tengah yang disini tangkai tengah berperan sebagai lampunya.
Sama seperti langkah diatas kita
masuk pada menu material dan membuat material baru bernama lampu. Pilih surface
berjenis emission dan color agak kekuningan. Atur strength menjadi 20.000
semakin besar angka pada strength maka cahaya lampu akan semakin kuat. Lalu
klik assign.
Selanjutnya memberikan material pada tutup lampunya. Sama
seperti diatas kita harus masuk kedalam edit mode dengan menekan tab lalu
select semua tutup lampu.
Pada pengaturan material kita akan membuat material baru
dengan nama luar. Kita menggunakan surface berjenis mix shader untuk memberikan
dua jenis texture sekaligus pada tutup lampu. Kita menggunakan Glass BSDF dan
Glossy BSDF maka akan memberikan efek keramik kasar.
Pada tampilan jendela kiri bagian bawah kita masuk ke dalam
mode render maka hasilnya akan seperti ini.
Maka penampilan akhirnya akan seperti ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar